Jakarta, 18 Juni 2019 – Borobudur Marathon 2019 adalah sebuah perlombaan lari di Jawa Tengah yang dipersembahkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkolaborasi dengan Harian Kompas dan Bank Jateng. Acara ini akan berlangsung pada 17 November 2019 dengan tema Synergy & Harmony yang memiliki arti membangun sinergi bersama dan menemukan keharmonisan dalam keberagaman.

Borobudur Marathon 2019 akan diselenggarakan di Taman Lumbini, Kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, yang akan memberikan pengalaman baru bagi wisatawan dan pelari untuk menjelajahi Kota Magelang dengan cara yang berbeda. Di mana para peserta akan merasakan sambutan yang hangat dari masyarakat, kelezatan kuliner, dan berbagai hal menarik yang ditawarkan oleh Magelang.

Acara konferensi pers yang diadakan hari ini, Selasa 18 Juni 2019, dibuka oleh Ninuk Mardiana Pambudi, selaku Pemimpin Redaksi Harian Kompas. “Tahun ini Borobudur Marathon masuk menjadi 10 besar calendar of event Kementerian Pariwisata. Ini adalah salah satu prestasi Borobudur Marathon yang tidak hanya event tetapi juga berupaya untuk memberikan dampak terhadap sosial dan ekonomi masyakarat Magelang dan sekitarnya.”

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga memaparkan bahwa Borobudur Marathon adalah milik masyarakat Magelang bukan milik Pemerintah Provinsi, Bank Jateng atau Harian Kompas. Borobudur Marathon juga memberikan daya dorong yang luar biasa untuk industri pariwisata dan ekonomi.

“Harapan kami, Borobudur Marathon ini sebagai The Best Marathon di Indonesia dan kami ingin mengundang orang-orang bahagia untuk ikut berlari bersama kita menikmati keindahan Borobudur,” ucap Ganjar.

Dari Kiri ke Kanan: Supriyatno (Direktur Utama Bank Jateng), Ganjar Pranowo (Gubernur Provinsi Jawa Tengah), Budiman Tanuredjo (Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas)

Kesuksesan Borobudur Marathon 2019 tidak lepas dari dukungan Bank Jateng. “Bank Jateng tahun ini kembali mendukung Borobudur Marathon supaya bersama-sama bisa mencapai mimpi, yaitu menjadikan Borobudur Marathon masuk dalam World Major Marathon. Di tahun ini kami juga memberikan kredit untuk homestay yang ada di Magelang dan sekitarnya supaya para pemilik bisa mengembangkan dan menyediakan penginapan yang lebih baik bagi para pelari dan keluarganya,” ujar Supriyatno selaku Direktur Utama Bank Jateng.

Berbeda dari sebelumnya, tahun ini Borobudur Marathon 2019 menggunakan sistem ballot untuk pendaftaran, di mana akan dipilih 8.000 pelari secara acak yang akan diumumkan pada 19 Juni 2019, pukul 12.34 WIB.

“Kalau tidak lolos pendaftaran ballot, masih bisa mendaftar melalui agen wisata atau paket bundling dari Bank Jateng. Kami juga memiliki Friendship Run, lari sejauh 5 kilometer. Ajaklah keluarga, teman, atau keluarga untuk lari bersama dan menikmati kuliner di kawasan Candi Pawon,” tambah Budiman Tanuredjo selaku Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas.

“Borobudur Marathon 2019 bukan sekadar perlombaan marathon saja namun acara ini mengangkat nilai-nilai budaya lokal seperti atraksi dan atribut khas Magelang yang dikemas untuk mendukung para peserta. Melalui acara ini, kita bisa belajar dan bergandengan tangan menyatukan emosi dan pikiran sehingga mencapai tujuan yang sama dalam membangun sinergi dan harmoni. Untuk tahun ini saya akan mengikuti di 10k.” Kata Sigi Wimala, Brand Ambassador Borobudur Marathon 2019.

Borobudur Marathon tahun ini juga kembali didukung oleh Generali Indonesia sebagai penyedia asuransi untuk para peserta Borobudur Marathon 2019.

Edy Tuhirman, CEO Generali Indonesia, mengatakan, “Kami bangga bisa kembali menjadi bagian dari salah satu ajang marathon di Indonesia yang terbilang unik. Generali melihat olahraga lari sangat berkembang dan digemari banyak masyarakat yang tidak hanya menjadikan badan lebih sehat dan bugar, namun olahraga lari juga akan semakin memperkuat interaksi dengan masyarakat dan komunitas sekitar. Perlindungan yang kami berikan pada para pelari Borobudur Marathon ini sejalan dengan salah satu value kami yaitu Live The Community.”